Pages

Ads 468x60px

Saturday, February 14, 2009

Akuntansi = Akuntan+ Auditor ??

Gak ngerti ya dengan maksud judul tulisanku ini??
wajarlah, karena semuanya berawal dari kekonyolan seorang anak akuntansi yang gak suka dengan akuntansi. Bego ya??hahaah..
Yang pasti judul diatas bukanlah persamaan akuntansi yang baru.
Persamaan diatas tidak sama dengan persamaan akuntansi:

Asset = Liabilities + Equity

Tapi buat orang bego seperti aku (konyol sih tepatnya), kedua persamaan tersebut mempunyai kesamaan. Bingung??
Bagus!!!berarti tujuanku menulis ini tercapai.hehehe.

Persamaan diatas muncul dari perenungan seorang mahasiswa akuntansi yang tidak tau banyak tentang akuntansi, yang sudah mulai memikirkan masa depannya mau jadi apa.
Profesi yang paling tepat untuk seorang mahasiswa akuntansi memang adalah menjadi akuntan atau auditor. Kenapa?karena sesuai dengan apa yang sudah disuapi oleh kurikulum di kampus. Jadi tidak ada yang salah sama sekali dengan persamaan di atas bukan??hehehehe.

Yang jadi masalah sekarang, banyak mahasiswa jurusan akuntansi yang tidak berminat meniti karir jadi akuntan atau auditor.
Trus mau kemana mereka?? tidak punya masa depan??

Kalau kita berpikir lebih liar, atau keluar dari jalur sedikit, banyak profesi yang masih bisa dijajaki tanpa meninggalkan ilmu yang diperoleh di kampus. Di era perkembangan sektor perekonomian dan keuangan di Indonesia saat ini, mulai bermunculan profesi2 yang terbilang baru. Menurut aku, ilmu kita masih bisa dipakai. Tapi mungkin pengertianku tentang ilmu itu berbeda ya?? yang kumaksud dengan ilmu disini adalah : konsep, pola, dan cara berpikir. Jadi untuk seorang anak akuntansi, ilmu yang kumaksudkan bukanlah cara membuat jurnal, atau cara menyusun laporan keuangan.
Kalau itu mah terlalu teknis, mesin juga bisa mengerjakan kan??hahahaha.
(Sotoi ya, padahal aku juga belum tentu bisa).
Sepanjang pengamatanku hingga saat ini, alternatif2 lain untuk kita dalami misalnya:Marketing, manajemen Resiko, Analis pasar modal(saham dan obligasi), Perencana Keuangan(nih profesi msh sedikit terjamah), atau malah bangun bisnis sendiri.
Dan menurut prediksiku, ke depan profesi di bidang keuangan, investasi, atau pasar modal akan booming di Indonesia.Masyarakat akan semakin mengenal dunia keuangan karena gencarnya pemberitaan krisis keuangan yang menimpa dunia saat ini. Jika dunia keuangan berkembang, tentu manajemen resiko dibutuhkan untuk melindungi aset2 tersebut. Simpel kan??
Tapi itu bersifat subjektif karena hanya merupakan prediksiku. Mari kita buktikan, waktu yang akan menjawabnya.
Dan buat anak2 manajemen, bersiaplah mendapat saingan anak2 akuntansi yang merebut bidang anda.hehehehe.

Jadi kesimpulannya, persamaan judul tulisan ini tidak benar, alias salah.
Loh???mana sih si boy ini, kok gak konsisten??katanya tadi diatas benar!!!
Terserahlah, tergantung orangnya memandang dan memikirkan dari sisi mana.heheeh.


HIDUP ANAK AKUNTANSI !!!

(terutama akuntansi UI.hahahahahha)

0 comments: